Sebuah Pilihan Bagi Kemajuan Indonesia

November 13, 2014 by: admin

Buku ini diterbitkan dalam rangka memperingati 100 tahun Kebangkitan Nasional, yaitu dengan lahirnya organisasi Boedhi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Gramedia mengundang para penulis, pembicara, danmotivator yang telah memberi insprirasi dan motivasi kepada banyak orang untuk berbagi ide, semangat, keprihatinan, ilmu, keahlian, dan kemampuan kepada masyarakat Indonesia. Dalam buku ini terdapat 12 nama yang menyumbangkan tulisannya, yaitu : Adi W. Gunawan, Anand Krishna, Andrew Ho, Anthony Dio Martin, Darmadi Darmawangsa, Gede Prama, Ida Kuraeny, James Gwee, Jamil Azzaini, Sonny Vin, Tommy Siawira, Tung Desem Waringin.

Buku ini sangat menarik untuk dibaca, karena memberi kesempatan untuk belajar dari para trainer dan motivator terkemuka di Indonesia, dan melihat berbagai topik sukses dari berbagai sudut pandang, yaitu tentang sukses itu sendiri, rahasia sukses, mind set, motivasi, optimisme, positif, kreatif, inovasi, emosi, respons, kecerdasan, spiritual, energi, profesional, hukum universal, dan passion.

Adi W. Gunawan, pakar Mind Technology, menulis tentang rahasia Mindset sebagai kunci sukses. Selainmindset, untuk sukses diperlukan (1) impian, (2) yakin, (3) syukur, (4) pasrah, dan (5) doa. Selain itu, Adi juga mengajarkan bagaimana Berguru Kepada Diri Sendiri dengan cara hening.

Anand Krishna, pendiri Yayasan Anand Ashram, menulis tentang Total Success, bahwa setiap orang berhak atas keberhasilan sempurna, karena semuanya sudah tersedia di dalam dirinya. Setiap orang menentukan dirinya sendiri untuk sukses. Anand Krishna mengatakan, “Anda tidak membutuhkan motivator….. Karena Anda bukanlah jiwa yang lemah.” Anand Krishna mengajukan dua pertanyaan : (1) Apakah kita bekeja demi Kepuasan Diri, Kebahagiaan Diri atau sekadar untuk Mencari Uang? (2) Apakah pekerjaan saya hanya memuaskan dan membahagiakan diri saya atau juga membahagiakan orang lain?

Selain itu, Anand yang cinta Indonesia juga mengulas tentang pentingnya Pilihan kemajuan yang harus diambil oleh Indonesia. Pilihannya adalah apakah Indonesia akan memilih kesejahteraan dan kemakmuran manusia Indonesia secara menyeluruh dan merata, ataukah memperbanyak jumlah supermal, pencakar langit, perumahan, dan perkantoran mewah. Melangkah menuju kehancuran atau perbaikan dan kemajuan melalui sektor pendidikan dan ekonomi.

Andrew Ho, Mr. The BEST, menulis tentang Inspirasi Kreatif dan Menikmati Kehidupan. Ada berbagai cara untuk memperoleh inspirasi kreatif, yaitu bersikap terbukamencintai pekerjaanmencari solusimenyegarkan pikiran,memperluas wawasanberpikir kreatifoptimisberpikir positifmemadukan ilmu pengetahuan dengan semangat kerjamemanfaatkan ide orang lain untuk menciptakan ide baru.

Anthony Dio Martin, penulis buku bestseller Kecerdasan Emosional dan Pengembangan Pribadi, mengulas tentang Emosi sebagai motor kesuksesan. Kebiasaan menunda merupakan sabotase emosi terhadap goal kita. Anthony memberikan dua tip menggunakan emosi untuk mencapai sukses. Pertama, kaitkan goal kita dengan emosi yang menyenangkan. Kedua, memperbesar rasa sakit seandainya kita tidak melakukannya.

Dalam tulisan yang kedua, Dari Arggg! Menjadi Aha!: Mengatasi Pembajakan Amydala untuk Kesuksesan Anda, Anthony memberi tip bagaimana mengubah respons yang negatif dan tidak terkendali dalam menghadapi situasi yang tidak menyenangkan menjadi respons yang positif dan efektif. Pertama, bersikaplah antisipatif. Kedua, tekanlah tombol “PAUSE”. Ketiga, pastikan Anda memikirkan apa saja pilihan Anda. Keempat, pastikan Anda sempat memikirkan akibat jangka panjangnya.

Darmadi Darmawangsa, The Master of Motivation, membuka rahasia tentang 7 Powerful Steps to Boost Your Esteem. Dengan bertumbuhnya rasa percaya diri, orang akan lebih berani mengambil resiko dan lebih berani menghadapi kegagalan, akan menjadi lebih sukses dalam hidup, dan membawa kedamaian dan kebahagiaan di hati karena bangga menjadi dirinya yang sebenarnya.

Dalam 7 Langkah Dahsyat Meraih Impian Anda, Darmadi menjabarkan 7 langkah efektif agar mimpi dapat tercapai, yaitu (1) Impikanlah! (2) Percayalah! (3) Lihatlah! (4) Ceritakanlah! (5) Rencanakanlah! (6) Kerjakanlah!(7) Rayakanlah!

Gede Prama, Sang Jejak Spiritual, membahas tentang kecerdasan sukses dalam tulisannya Success Intelligence, dalam analogi Menanak Nasi Kehidupan, ketika kita mulai memasak nasi, api dibuat sebesar-besarnya. Namun, begitu airnya mendidih serta jumlah air mendekati habis, api segera dikecilkan. Demikian pula, dalam kehidupan, pada tingkat tertentu, diperlukan kecerdasan kesuksesan dalam bentuk keberanian untuk mengatakan cukup pada uang (mengecilkan api kompor), dengan rasa syukur dan perasaan berkecukupan, untuk membuka jendela kehidupan yang serba indah.

Pada tahap awal uang memang pendorong energi, kekuatan yang membuat hidup lebih hidup. Namun tanpa kecerdasan kesuksesan yang cukup, uang akan membuat manusia lapar dan semakin lapar. Kesadaran akan bahaya baru muncul, ketika semuanya sudah terbakar habis. Oleh sebab itu, di umur 40 tahun jangan lupa belajar mengecilkan kompor melalui rasa bersyukur dan rasa berkecukupan.

Dalam tulisan Success As A JourneyDari Sukses yang Membakar Menuju Sukses yang Bergetar, Gede Prama mengingatkan agar orang jangan terbakar oleh sukses, tetapi mendidik diri untuk hidup berkecukupan. Perasaan berkecukupan adalah kekayaan teragung. Dalai Lama mengatakan, “Contentment is the greatest wealth.” Ketika kita merasa berkecukupan dan berhenti mencari, ada satu pintu kehidupan yang terbuka: keheningan. Berbeda dari kegiatan mencari yang super sibuk, keheningan hanya menjadi saksi dari apa saja yang terjadi. Kesadaran yang tidak memilih. Bagi Gede Prama, keheningan sempurna itulah yang paling menggetarkan.

Ida Kuraeny, Ratu Agen Asuransi Indonesia, mengajarkan 3 Langkah Menjadi Wiraniaga Profesional. Bagi Ida, semua pekerjaan memberi kesempatan kepada kita semua untuk sukses, tanpa melihat siapa yang melakukannya. Ketiga langkah tersebut adalah: (1) Membangun semangat sebagai pemenang, (2) Mengundang kesuksesan ke dalam kehidupan sehari-hari, (3) Memberikan energi dalam kehidupan.

James Gwee, Indonesia’s Favourite Trainer, dalam tulisan Tas Ayah, ia menceritakan tentang pentingnya melatih keterampilan dan kemampuan yang akan menjadikan kita kuat dalam hidup ini. Dalam Matematika Anak, James Gwee mengajarkan tentang pentingnya belajar dari masalah yang diberikan kehidupan kepada kita, seperti halnya kita akan naik tingkat bila berhasil menyelesaikan masalah dalam pelajaran Matematika.

Jamil Azzaini, sang Inspirator Sukses Mulia, menjadikan To Be Sebagai Kendali Hidup. Ada dua kata penting yang dapat kita jadikan sebagai pedoman hidup, yaitu To Have, keinginan untuk “memiliki” sesuatu, dan To Be, keinginan untuk “menjadi”. Perbedaannya terletak pada titik tujuan atau fokus yang dikejar. Orang-orang visioner memilih To Be sebagai kendali hidup.

Sonny Vin, Spesialis Motivasi dan Pengembangan Diri, membahas tentang hukum universal, yaitu The Law Of Attraction. Sonny mengembangkan 3 prinsip The Law Of Attraction – (1) Ask, (2) Believe, dan (3) Receive – menjadi 7 langkah yang masuk akal, yaitu (1) Ask – Impian yang masuk akal (2) Believe – Ciptakan kondisi yang membuat Anda percaya (3) Tulis impian yang spesifik (4) Umumkan kepada orang lain sebagai “pendorong” semangat (5) Receiving – Tanggap membaca peluang (6) Menggunakan Leverage untuk mencapai tujuan (7)Take Action! Sekarang juga.

Dalam Semakin Banyak Anda Memberi Akan Semakin Banyak Menerima Sony mengajarkan pentingnya prinsip memberi dalam mengejar impian kita. Memberi merupakan Hukum Utama atau Universal Laws. Sony mengajarkan cara memberi berdasarkan aturan, yaitu: (1) Dengan rasa tulus dan ikhlas, dan (2) Tidak selalu dalam bentuk uang.

Tommy Siawira, Coach dan Certified NLP Trainer, mengatakan bahwa dalam Anda Berpotensi Untuk Menjadi Yang Terbaik, setiap orang mampu berprestasi. Keyakinan yang sangat kuat merupakan sebuah kekuatan pendorong untuk mencapai tujuan.

Dalam tulisan berikutnya, Tommy menjelaskan pentingnya Passion sebagai bahan bakar untuk mencapai puncak prestasi.

Tung Desem Waringin, Pelatih Sukses No. 1 Indonesia, mengajarkan tentang The Most Powerful Secret untuk kaya. Napoleon Hill telah mewawancarai 500 orang terkaya pada zamannya dan semuanya mengikuti rahasia sederhana yang sama dalam menciptakan kekayaan, yaitu Semua Kekayaan Diciptakan Dalam Pikiran Manusia.[ahg]

Aleysius H. Gondosari

Leave a Reply