Disiplin

October 23, 2014 by: admin

Disiplin adalah suatu kebiasaan untuk melakukan suatu tindakan tertentu. Disiplin adalah latihan yang menghasilkan pola perilaku yang diinginkan, kebiasaan yang diharapkan, dan sikap yang membawa pada keberhasilan dalam kehidupan. Oleh sebab itu, disiplin adalah suatu yang kita perlukan untuk membawa kita sampai kepada tujuan yang diinginkan.

Menurut Paul J. Meyer, penulis buku 24 Kunci Sukses, disiplin adalah suatu keharusan yang pantas kita miliki dalam kehidupan kita, sebab : “Jika tidak memiliki disiplin, Anda tidak akan memiliki apa-apa!” Bila kita berdisiplin dalam menjalankan rencana-rencana, maka rencana itu pasti dapat terwujud.

Agar mampu mempertahankan dan memperkuat disiplin, maka kita perlu memiliki beberapa hal di bawah ini :

1. Nilai

Apa yang penting, itulah yang akan dikerjakan. Oleh karena itu, Anda harus percaya segenap hati pada apa yang sedang Anda kerjakan. Bila Anda percaya, akan muncul efek yang menguatkan, sehingga Anda akan berupaya untuk mendisiplinkan diri hingga tujuan terwujud.

2. Sasaran

Bila mempunyai sasaran yang sangat jelas, realistik, spesifik dan Anda percayai, tentu Anda akan berupaya dengan segenap hati untuk mendisiplinkan diri agar sasaran itu benar-benar dapat terwujud.
3. Prioritas

Sasaran harus direalisasikan agar terwujud, dan tindakanlah yang akan membuatsasaran itu tercapai. Namun Anda harus menetapkan prioritas yang jelas dalam setiap tindakan, karena tindakan yang benar akan melahirkan hasil yang benar. Dengan melakukan tindakan yang benar yang dilandasi dengan alasan yang benar, Anda akan mampu mempertahankan disiplin sehingga bisa mencapai sasaran itu.

4. Ketekunan

Ketekunan akan membuat Anda mampu untuk mencapai prestasi yang besar. Karena dengan ketekunan Anda bisa mempertahankan disiplin. Ingatlah : Anda dapat melakukan apa saja dan menjadi apa saja, bila Anda tekun melakukannya.

5. Dorongan hati

Dorongan hati ini mampu membuat diri Anda termotivasi. Motivasi yang kuat untuk mengejar impian dengan sendirinya akan mendisiplinkan diri.
Ingatlah : Kita semua akan menuai apa yang telah ditabur. Hasil yang baik tidak datang begitu saja. Bila kita menabur disiplin, kita akan menuai keberhasilan dalam hidup.
Disiplin tidak datang dengan sendirinya. Yang pasti disiplin itu harus anda ciptakan sendiri, anda upayakan dan di latih secara berkesinambungan. Bila di melaksanakan dalam hidup anda, maka anda akan menuai hasil sesuai yang anda harapkan.

Untuk sukses dalam hidup ini, kita harus mendisiplinkan diri untuk melakukan tindakan – tindakan yang benar, sehingga menghasilkan buah-buah yang baik.
Salam Bahagia dan Sejahtera

Penulis : Soegianto Hartono

Leave a Reply