5 Langkah Efektif untuk Mengalahkan Rasa Takut Anda

May 1, 2014 by: admin

Pada teorinya, mengalahkan rasa takut nampaknya sederhana dan mudah. Namun, pada penerapannya sebetulnya tidak mudah, terutama bagi orang yang memang benar-benar merasakan ketakutan tersebut.

Jika Anda merasakan rasa takut, Anda bisa saja mengatasinya sendiri atau Anda perlu bantuan orang lain. Semua itu tergantung dari seberapa besar rasa takut Anda. Tapi betapa kecilnya rasa takut Anda, lebih baik Anda melakukan sesuatu. Ketika Anda berhasil mengatasi rasa takut Anda, maka Anda akan menjumpai lebih banyak peluang baik dalam karir maupun perkembangan diri Anda.

Langkah Pertama:

Mengambil langkah kecil dan pasti

Rasa takut adalah sesuatu yang menghentikan Anda untuk bertindak. Karena itulah, ambil langkah kecil dan perlahan. Dengan begini, Anda akan mendapatkan rasa percaya diri untuk mengambil langkah-langkah selanjutnya yang lebih besar.

Misalnya saja perbandingan yang mudah dengan angka. Kalau Anda takut untuk berinvestasi sebesar 100 juta rupiah, Anda bisa memulai dengan 5 juta rupiah. Setelah Anda tahu bagaimana rasanya berinvestasi, maka Anda akan mendapatkan rasa percaya diri dan berani untuk menginvestasikan jumlah yang lebih besar.

Agar Anda bisa meningkatkan keberanian untuk mengambil langkah kecil tadi, Anda perlu mengakui bahwa rasa takut itu perlu. Lama kelamaan, rasa percaya diri dan keberanian Anda akan menjadi semakin besar.

Langkah Kedua:

Temukanlah Motivasi Anda

Mengatasi rasa takut sering kali membutuhkan proses dan waktu yang panjang. Ketika ini terjadi, orang sering kali merasa ingin menyerah. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan memotivasi diri Anda.

Caranya, Anda bisa menuliskan keuntungan apa saja yang akan Anda dapatkan jika Anda melakukan suatu perubahan yang tadinya Anda takuti. Dengan melihat semua hal-hal yang indah ini dalam kepala Anda, maka Anda akan bisa termotivasi untuk mengalahkan rasa takut.

Langkah Ketiga:

Mengganti Sudut Pandang Anda

Ketika orang mengalami kegagalan atau penolakan, ini sering kali merambat pada pikiran negatif yang bisa menghancurkan diri sendiri. Padahal, semua orang pasti mengalami kegagalan dalam hidupnya.Ini adalah sebuah kenyataan yang harus Anda sadari.

Karena itulah, And perlu mengganti sudut pandang Anda terhadap kegagalan. Jangan biarkan kegagalan menciutkan nyali Anda. Melainkan, buatlah kegagalan tersebut sebagai suatu pelajaran .

Langkah Keempat:

Menghadapi Kenyataan

Rasa takut berhubungan dengan pengalaman buruk di nmasa lalu dan kekhawatiran akan masa depan. Karena itu, cara untuk mengatasi rasa takut Anda adalah dengan fokus pada kenyataan yang terjadi hari ini. Ini juga sudah saya tulis dalam e-book Berpikir Benar, Berpikir Positif.

Langkah Kelima:

Membuat Goal / Tetapkan Tujuan Anda

Dengan menetapkan tujuan dalam hidup Anda, misalnya berapa penghasilan yang ingin Anda dapat, ingin bepergian ke mana saja, dll, akan membuat Anda memiliki fokus yang jelas. Anda akan bisa membuat rencana tentang apa saja yang akan Anda lakukan nantinya, sehingga Anda lebih percaya diri.

Leave a Reply